Kamis, 05 Januari 2012

Tips untuk Perempuan yang Sedang Kehilangan Hasrat Seks

Ketika liburan, kebanyakan wanita menghabiskan waktu dengan belanja, memasak, mempercantik diri atau mendekorasi rumahnya. Tidak ada salahnya memang. Tapi jika dilihat lebih dalam, kebiasaan yang menguras tenaga selama liburan ini seringkali berakibat buruk di tempat tidur.

Faktor utama yang berkontribusi terhadap rendahnya dorongan seks pada wanita muda adalah terlalu banyak melakukan hal-hal yang 'gila' selama liburan. Tapi ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh perempuan yang sedang kehilangan hasrat seks.

"Tidak ada keraguan bahwa beberapa wanita mengalami dorongan seks yang rendah atau tidak ada keinginan untuk bercinta. Wanita yang dorongan seksnya rendah atau tidak ada hasrat disebabkan karena rendahnya keinginan berhubungan seksual, "jelas pakar seks, Debby Herbenick, PhD, ilmuwan di Indiana University dan penulis 'Because It Feels Good'.

"Mereka mungkin tidak memiliki pasangan yang hangat atau baik, atau mungkin tertekan karena pekerjaan dan keluarganya atau karena kelelahan merawat bayi yang baru lahir dan menyadari bahwa ada saat-saat dalam hidup di mana seks harus dikesampingkan. Kita harus menantang ide-ide yang menunjukkan bahwa wanita atau laki-laki harus selalu menginginkan banyak seks sepanjang waktu," kata Herbenick.

Para peneliti memperkirakan ada sebesar 7-12 persen dari populasi wanita hidup dengan penurunan hasrat seksual dan gangguan yang terkait.

Dalam sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan Journal of Sexual Medicine, para peneliti mengamati 400 orang wanita usia pramenopause yang mengalami gangguan dorongan seksual yang rendah.

Sebanyak 85 persen wanita yang memiliki dorongan seks yang rendah menyebutkan beberapa faktor penyebabnya, antara lain:
1. Stres atau kelelahan (60% peserta penelitian mengatakan bahwa faktor ini berkontribusi pada dorongan seks yang rendah)
2. Ketidakpuasan dengan penampilan diri sendiri (41%)
3. Kesulitan seksual, misalnya kesulitan mencapai orgasme (34%)

Peneliti menyimpulkan bahwa meningkatkan harga diri dan diimbangi dengan mengurangi tingkat stres secara signifikan dapat memperbaiki kehidupan seks wanita.

"Data dari survei seks nasional kami menunjukkan bahwa pria dan wanita berhubungan seks lebih sering ketika masih muda. Lebih sering ketika usia 20-an bagi wanita dan pertengahan 20-an sampai 30-an untuk pria. Tetapi wanita lebih mudah orgasme seiring bertambahnya usia," ujar Herbenick seperti dikutip prevention, Kamis (5/1/2011).

Mengingat pembunuh libido wanita yang paling kuat adalah stres, kurang tidur dan merasa gemuk, tak heran jika dorongan seks wanita muda cenderung menjadi turun. Wanita muda lebih sibuk meniti karir dan disibukkan oleh pekerjaan atau mengasuh bayi.

Tapi jangan membiarkan dorongan seks yang rendah itu. Jika ingin menghangatkan suasana dengan pasangan ada cara-cara ini yang bisa dicoba:

Jangan terlalu serius
Wanita atau ibu muda umumnya senang mengadakan perjamuan atau perayaan ulang tahun anak atau semacamnya. Namun segala kesibukan dan hiruk pikuk yang menguras tenaga dapat merendahkan dorongan seks. Aturlah jadwal dengan baik dan pastikan tidak terlalu sibuk agar sempat mengisi ulang tenaga.

Memperbaiki pola makan
Makan dengan baik untuk meningkatkan dorongan seksual. Pastikan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan suasana hati, olahraga untuk mengontrol kalori, dan sebelum tidur.

"Salah satu hal yang dapat dilakukan wanita demi kesehatannya sendiri dan dorongan seksnya adalah makan dengan baik. Semua ini bisa membantu wanita merasa baik dan lebih terbuka untuk seks," kata Herbenick.

Merasa seksi
Merasa seksi dapat meningkatkan gairah seks. Untuk merasa lebih baik dengan cepat, cobalah kenakan atasan yang memamerkan bahu.

"Itu adalah salah satu bagian tubuh yang selalu dapat diandalkan agar terlihat bagus," kata editor situs kesehatan Women’s Health, Thea Palad.

Lakukan isyarat erotis
Ada banyak 'isyarat erotis' yang dapat membantu meningkatkan gairah seks, termasuk membaca buku erotis, menonton video erotis, berpakaian seksi atau melakukan sesuatu bersama pasangan yang dapat menjadi menarik.

Vibrator
Jika pasangan tidak dapat menemani pada saat liburan, Herbenick merekomendasikan vibrator atau dildo untuk memancing kesenangan. Dengan menggunakan alat ini, pemakaian sebentar saja dapat mengembalikan dorongan seks yang rendah pada wanita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar